Nuwu: Aplikasi Chat dan Kamus Bahasa Tontemboan


Hallo CKners...
Apa kabar anda hari ini.... CK Techdroid telah mengembangkan aplikasi berbasis android yang diberi nama NUWU. Mari mengenal lebih detail tentang aplikasi yang menggabungkan tiga fungsi yaitu chatting, translater, dan kamus bahasa Tontemboan ini. Aplikasi ini telah terintegarasi dengan Whatsapp dan Facebook supaya kalimat dalam bahasa Tontemboan bisa dikirimkan dalam bentuk pesan pada teman.


Pembuatan aplikasi ini dilakukan berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami tentang penggunaan bahasa daerah oleh anak muda dari sub etnis Tontemboan di Minahasa yang semakin berkurang. Personil CK Techdroid juga termasuk golongan anak muda yang tidak lagi menguasai komunikasi verbal dengan bahasa daerah. Sebenarnya bukan hanya generasi muda di sub etnis Tontemboan yang tidak lagi mengetahui bahasa daerahnya, namun kondisi ini terjadi pada semua sub etnis di Minahasa.

Keprihatinan ini mendorong kami untuk berpikir bagaimana membiasakan anak muda di daerah ini untuk kembali menggunakan bahasa dalam berkomunikasi sehari-hari. Solusi yang kami dapatkan adalah penggunaan teknologi sebagai sarana pembelajaran bahasa daerah. Awalnya CK Techdroid berpikir untuk membuat aplikasi android kamus bahasa Tontemboan, namun kami merasa hal tersebut belum cukup untuk mendorong anak muda menggunakan bahasa daerah. Akhirnya hadirlah aplikasi NUWU yang menggabungkan tiga fungsi sekaligus yaitu chatting, translater, dan kamus bahasa daerah Tontemboan.

Dalam aplikasi ini pengguna bisa menggunakan fungsi instant messenge yang ada pada pilihan Kalimat Sehari-hari. Aplikasi telah membuat kalimat yang biasa digunakan dan secara otomatis menyalinnya dalam kalimat bahasa Tontemboan. Kalimat ini bisa langsung dikirmkan pada teman menggunakan aplikasi Whatsapp yang telah terintegrasi dalam sistem. Kalimat yang sama juga bisa dikirimkan ke Facebook.

Fungsi lain dalam aplikasi NUWU ini adalah kamus bahasa daerah Tontemboan yang berisi ribuan kata. Pengguna bisa mencari kata dalam bahasa daerah agar lebih memudahkan penulisan kalimat dalam bahasa daerah.

Kami menyadari bahwa jumlah kata dalam database aplikasi ini belum lengkap. Masih banyak kata yang harus kami data untuk dimasukkan dalam database. Pengumpulan data ini membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Kami meminta dukungan pengguna untuk memberikan masukan dalam pengembangan database koleksi kata dan fungsi lain dalam aplikasi ini.

Masukkan dan saran sangat kami butuhkan untuk terus mengembangkan aplikasi NUWU agar lebih maksimal.

Comments